Secara umum hotel berbintang lima biasanya memiliki 8 Departemen, antara lain sebagai berikut :
1. Front Office Department
Front Office Department adalah departemen hotel yang tugasnya berhubugan lagsung dengan tamu, menerima pemesanan kamar tamu, menerima pendaftaran tamu, maupun memberikan informasi yang diinginkan tamu.
2. Food and Beverage Department
Food and Beverage department adalah departemen hotel yang menangani hal-hal yang berkaitan dengan mengolah menyediakan makanan dan minuman serta bertugas memberikan pelayanan kepada tamu pada saat makan di restaurant.
3. Housekeeping Department
Housekeeping department adalah departemen hotel yang bertanggung jawab atas seluruh kebersihan hotel baik dalam ruangan maupun public area serta membersihkan berbagai fasilitas hotel.
4. Accounting departement
Accounting departement adalah suatu departemen hotel yang bertanggung jawab atas masalah administrasi hotel baik pengeluaran maupun pendapatan keuangan di hotel.
5. Personalia/HRD Department
Personalia Departemen adalah suatu departemen hotel yang bertugas menerima dan menempatkan karyawan/trainee. serta menangani masalah yang dihadapi karyawan.
6. Engineering Department
Engineering Department adalah suatu departemen hotel yang bertanggung jawab untuk menangani perawatan maupun perbaikan atas semua alat-alat serta mesin yang ada di hotel apabila mengalami kerusakan.
7. Marketing department
Marketting departement adalah suatu bagian yang bertugas memasarkan hotel kepada masyarakat maupun pelanggan agar setiap tahunnya mengalami peningkatan atas tamu-tamu yang menginap dan menggunakan fasilitas-fasilitas hotel.
8. Security Department
Security Department adalah suatu bagian yang bertugas menjaga keamanan hotel maupun tamu selama menginap (24 jam).
Struktur organisasi Departemen yang ada di hotel
1. Front Office
2. Food & Baverage
3. Housekeeping
4. Accounting
Bentuk bentuk kerjasama antar department yang ada di hotel
1.Departemen accounting dengan Departemen F&B dalam urusan pengadaan barang, pemasukan pendapatan dari restaurant, banquet, dan bar.
2.Departemen Sales and marketing dengan Departemen F&B dalam urusan penggunaan Banquet dan meeting room untuk event.
3.Departemen Sales and marketing dengan Departemen Front Office dalam urusan jumlah kamar yang bisa dijual, dan dalam penetapan harga kamar.
4.Departemen Housekeeping dengan Departemen Engineering dalam urusan perbaikan fasilitas kamar seperti AC, televisi, keran bocor, Toilet macet,dll.
5.Dan masih banyak lainnya.
3. Housekeeping
5. Personalia/HRD
6. Engineering
7. Marketing
8. Security
1.Departemen accounting dengan Departemen F&B dalam urusan pengadaan barang, pemasukan pendapatan dari restaurant, banquet, dan bar.
2.Departemen Sales and marketing dengan Departemen F&B dalam urusan penggunaan Banquet dan meeting room untuk event.
3.Departemen Sales and marketing dengan Departemen Front Office dalam urusan jumlah kamar yang bisa dijual, dan dalam penetapan harga kamar.
4.Departemen Housekeeping dengan Departemen Engineering dalam urusan perbaikan fasilitas kamar seperti AC, televisi, keran bocor, Toilet macet,dll.
5.Dan masih banyak lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar